Sejarah Kartu Gaple

Siapa sih yang tidak mengenal permainan Gaple? Permainan ini sudah meluas diseluruh tanah air. Hampir semua orang kenal dengan permainan gaple, meskipun mungkin mereka memiliki nama yang berbeda-beda. Permainan kartu Gaple yang kita kenal sekarang ini sebenarnya sudah mengalami berbagai macam evolusi sejak jaman dahulu. Mari kita simak sedikit mengenai sejarah kartu Gaple ini.

Kartu Gaple di dunia ini lebih dikenal sebagai kartu Domino. Sebutan Domino sendiri yang ditemukan di dunia ini dan yang paling tua ternyata ditemukan dari negeri Cina, yaitu sekitar tahun 1271. Pada saat itu seorang penulis dari Cina bernama Zhou Mi mendaftarkan “Pupai” yaitu sebuah plakat judi serta dadu sebagai barang yang dijual oleh penjajah pada permintahan kaisar XiaoZong. Seorang sejarahwan Cina Andrew Lo menegaskan bahwa tulisan Zhou Mi tentang Pupai tersebut adalah domino, karena pada tahun 1436 ada tulisan lain dari Ming Lu Rong yang secara jelas mendifinisikan Pupai sebagai domino, yaitu plakat yang dipakai untuk bermain judi.

Berbagai macam cara bermain Pupai juga tertuang dalam manual Zaman Xuanhe yang ditulis oleh penulis Qu You pada tahun 1341. Namun para sejarahwan Cina percaya bahwa buku manual tersebut dari waktu ke waktu sudah banyak perubahan dan sudah sangat banyak dipalsu oleh berbagai orang, sehingga banyak sekali cara bermain Domino yang berbeda. Bahkan ketika pindah area di daerah cina, mereka memiliki cara bermain domino yang berbeda pula. Namun permainan Pupai Tradisional yang tidak pernah berubah diantaranya adalah Tien Gow, Pai Gow, Che Deng dan masih ada beberapa jenis permainan Pupai lainnya.

Plakat Pupai atau Domino ini sebenarnya menggambarkan semua kemungkinan dari hasil lemparan 2 buah dadu. Itulah sebabnya kartu domino paling besar adalah 6-6 dan paling kecil adalah 1-1. Kartu Pupai sendiri berjumlah 32 buah, karena dari 21 kemungkinan lemparan dadu, ada 11 kartu atau plakat yang dobel dengan karakter aksara Cina sebagai penentu peringkatnya. Namun setelah berbagai macam perubahan, permainan Pupai yang sudah sampai dibawa ke Eropa dipermudah sedemikian rupa sehingga kartunya berubah hanya menjadi 28 buah saja. Kartu-kartu dengan aksara cina dihilangkan dan diganti dengan kartu 0 atau kartu kosong. Pada abad ke-17 sudah ditemukan kartu domino Tiongkok dengan kartu kosong yang berjumlah 28 buah. Namun, pada pertangah abad ke-18 negara-negara di Eropa meng-claim bahwa permainan Domino berasal dari negara mereka.

Plakat domino atau Pupai sendiri bentuk awalnya tidak seperti kartu yang kita lihat sekarang ini, bentuknya dari plakat yang bentuknya agak panjang karena ada sebagian dari plakat tersebut harus ditulis dengan aksara Cina. Sementara itu, Kartu Domino Eropa adalah yang kita lebih sering lihat sekarang ini, bentuknya empat persegi panjang yang tidak terlalu besar, dengan ada 2 belahan yang berisi bulatan-bulatan saja. Negara Italia adalah salah satu negara yang mengclaim bahwa Domino adalah berasal dari negara Mereka, karena Domino berasal dari kata Latin Domingos yang artinya Tuan Rumah, dimana Italia adalah negara perdagangan yang paling besar saat itu.

Sementara itu Inggris juga tidak mau kalah, Mereka juga mengclaim bahwa Domino sebenarnya berasal dari negara mereka karena sudah ditemukan Domino yang dibuat dari Gading di pedesaan-pedesaan Ingris. Pada saat itu di Inggris, kartu Domino disebut sebagai “Bonestick”

Jadi bagaimana menurut pembaca sendiri? Cukup panjang sejarah kartu Gaple yang sering kita mainkan. Yang kita sudah tahu pasti adalah permainan kartu Domino ini dibawa oleh para Pedagang-pedagang dan saudagar-saudagar entah dari Cina ataupun dari Eropa pada masa penjajahan. Namun nama Domino di Indonesia juga berevolusi menjadi nama Gaple.

Saat ini permainan Gaple ini sudah menjadi permainan yang sangat umum dimainkan di Indonesia, tidak hanya untuk berjudi, permainan Gaple bahkan sudha menjadi permainan keluarga. Lebih hebatnya lagi, sekarang permainan ini juga sudah dapat dinikmati secara Online. Apabila anda ingin bermain Gaple secara Online, anda dapat membaca artikel kami sebelumnya untuk mengetahui bagaimana cara bermain Gaple secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *